cara membasmi kutu busuk di rumah kita

Pernahkah sobat merasakan gatal yang terasa cukup sangat gatal dan muncul secara tiba-tiba saat sedang duduk dikursi atau mungkin saat sedang rebahan di tempat tidur?

Nah bisa jadi tuh gatal yang menyerang sobat itu akibat dari gigitan kutu busuk atau biasa disebut dengan bangsat, tungau kasur dan kalau orang jawa biasa menyebutnya “tinggi” dan jika dalam bahasa inggris disebut Bed Bug.

Jika kita terkena gigitan dari kutu busuk ini biasanya tubuh kita akan mengalami bentol-bentol yang cukup lumayan besar dan rasa gatalnya bukan main.

Saya sendiri ingat betul saat sewaktu saya masih kecil dan sedang berlibur ke tempat Nenek di daerah pedesaan saya pernah kegigit sama nih kutu busuk pada bagian kemaluan hingga bengkak…duh bentol plus rasa gatal yang sangat menyiksa hingga bikin ngga’ bisa tidur waktu itu.

Kutu busuk atau tinggi merupakan serangga parasit penghisap darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya, kutu busuk biasanya tinggal pada lipatan-lipatan kasur atau lipatan kursi dan sofa pada rumah kita serta tempat-tempat tersembunyi lainnya.

Pada saat menggigit dan menghisap darah korbannya dan dalam konteks kali ini kita yang jadi korbannya, kita sebagai korban tidak akan merasakan apapun sewaktu kutu busuk tersebut menghisap darah kita tetapi setelahnya barulah gatal akan terasa.

Kutu ini biasanya lebih agresif pada saat malam dan sewaktu kita sedang tidur dan jikalau kutu ini kita gencet akan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap sesuai sekali dengan namanya.

Jika dalam kasur sobat terdapat kutu busuk sebaiknya sobat segera cari cara membasmi kutu busuk tersebut, karena jika tidak segera di basmi si kutu akan semakin berkembang biak hal tersebut dikarenakan kutu busuk betina dapat menghasilkan 5 sampai 10 butir telur setiap harinya.

Ngeri juga kan jika ternyata di kasur kita tiba-tiba muncul ratusan kutu busuk yang siap menyedot darah kita, hiii bisa-bisa kita jadi kekurangan darah dong.

Tidak hanya tinggal di kasur dan di sofa tinggi atau kutu busuk ini dapat lompat untuk berpindah tempat tinggal, pernah dulu suatu kali saya temuin kutu busuk dan telur kutu busuk pada bangku di kelas saya dan selang beberapa hari kemudian saya kaget karena di tas saya jadi ada kutu busuk berserta keluarga dan telurnya yang ikut pindahan.

Mana ngga’ lapor lagi kalo pindah kalau tahu pindahan kan bisa saya tarikin uang kontrakan, mayan buat tambah uang jajan hehehe :p.

Lantas bagaimana cara mengetahui ada kutu busuk di rumah kita?

membasmi kutu busuk
lipatan kasur yang jadi sarang dan gambar bentuk kutu busuk

Biasanya jika malam hari kita sering merasa gatal dan tiba-tiba terkadang kita mencium bau yang sangat tidak enak alias busuk bisa menjadi sebuah pertanda kalau dirumah kita ada kutu busuk, biasanya lipatan kasur atau sofa yang di jadikan sarang kutu busuk akan berwarna hitam dan terdapat butir putih kecil yang merupakan telur dari kutu busuk tersebut serta bau lipatan tersebut tercium sangat tidak enak.

Dan bagaimana cara kita membasmi dan menghilangkan kutu busuk dari rumah kita?

Cara menghilangkan kutu busuk dari rumah kita.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk membasmi kutu busuk yang menginvasi tempat tinggal kita :
  • Dengan menggunakan minyak tanah yang dicampur dengan kapur barus yang dihaluskan, saya masih ingat sewaktu kecil dulu orang tua saya menggunakan cara menyemprotkan atau mengoleskan campuran minyak tanah dengan kapur barus pada tempat-tempat yang di curigai sebagai markas dari kutu busuk tersebut, tapi cara tersebut memang sangat ampuh karena si kutu langsung kocar kacir dan banyak yang tidak selamat dari semprotan bahkan telur juga ikut rontok, hanya saja kasur, sofa dan rumah kita akan bau minyak tanah dalam beberapa hari kedepan.
  • Kapur ajaib yang biasanya kita gunakan untuk mengusir semut dan kecoa ternyata juga sangat ampuh untuk mengusir kutu busuk dari rumah kita, goreskan pada bagian yang sobat yakini jadi markas si kutu seperti lipatan kasur, lipatan-lipatan sofa dan beberapa tempat lainnya, dan lihat hasilnya.
  • Menggunakan obat nyamuk semprot juga ampuh buat membasmi si kutu, semprotkan secara merata pada bagian kasur, sofa berserta lipatan-lipatannya dan beberapa tempat yang sobat curigai sebagai markas besar si kutu busuk.
  • Bersihkan secara rutin sprei dan selimut berserta sarung bantal dan guling cuci hingga bersih dan jemur kasur secara rutin sembari di periksa pada lipatan apakah masih dijadikan sarang oleh si kutu, jika masih ada langsung saja semprooot lagi hehehe.
Yang terutama selain dengan cara membasmi kutu busuk diatas adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah kita serta selalu menjaga kebersihan tempat tidur kita, dengan kita menjaga kebersihan rumah kita niscaya si kutu enggan kembali lagi hehehe, semoga bermanfaat.

0 Response to "cara membasmi kutu busuk di rumah kita"

Post a Comment