Cara mengatasi aplikasi Play Store tidak bisa dibuka pada Android

Pernahkan sobat mengalami permasalahan dengan aplikasi android yang terinstal pada HP atau smartphone Android yang sedang sobat gunakan?

Dan salah satu contohnya adalah seperti aplikasi Play Store tidak bisa dibuka atau saat sewaktu sedang digunakan atau dijalankan kemudian tiba-tiba aplikasi playstore tersebut tiba-tiba tertutup sendiri atau berhenti beroperasi.

Mungkin juga pada saat dibuka aplikasi Google playstore tersebut tidak kunjung terbuka justru malah muncul notifikasi atau pemberitahuan seperti “sayangnya Google Play store telah berhenti” atau muncul pemberitahuan “Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped”, jika benar sobat pernah mengalami hal tersebut atau bisa jadi saat ini sobat sedang mengalami permasalahan tersebut silahkan sobat simak ulasan mengenai cara mengatasi google play store yang error berikut ini.

Google play tidak bisa dibuka


Kenapa Play Store tidak bisa dibuka?

Beberapa hal yang dapat menyebabkan tidak bisa dibukanya Google Playstore seperti halnya kesalahan penyetingan tanggal pada handphone sobat, penyetingan tanggal yang salah pada handphone dapat membuat playstore tidak bisa dibuka karena sertifikasi sistem menjadi error, namun hal ini jarang terjadi karena penyetingan tanggal dan waktu biasanya sudah otomatis dari jaringan operator yang sobat gunakan.

Proses rooting pada sistem android yang tidak sempurna, jika setelah sobat melakukan proses rooting sistem android dan ternyata proses rooting sistem tidak sempurna juga dapat mengakibatkan playstore error.

Mungkin juga playstore tidak bisa dibuka di akibatkan karena terdapat file cache atau file bermasalah pada folder aplikasi tersebut, dan masih banyak lagi hal lain yang menjadi penyebab play store tidak bisa di buka.

Cara memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka.

Untuk mengatasi permasalahan google playstore yang error dan tidak mau dibuka pada android, sobat bisa coba gunakan langkah-langkah berikut ini :
  • Pertama buka menu pengaturan/setting kemudian pilih tab aplikasi atau apps.
cara mengatasi play store error

  • Setelah masuk pada tab “all” kemudian geser layar sobat ke atas sampai muncul aplikasi google playstore kemudian pilih menu tersebut.
Google Play Store tidak bisa dibuka
  • Setelah info aplikasi play store terbuka silahkan sobat pilih menu paksa berhenti seperti yang terdapat pada gambar, kemudian pilih menu clear cache, jika yang mengakibatkan masalah play store tidak bisa dibuka dikarenakan terdapat file yang bermasalah seharusnya langkah ini bisa menyelesaikan masalah tersebut, silahkan coba buka kembali aplikasi playstore sobat sudah bisa berjalankah atau belum? Jika belum lanjut ke langkah berikutnya.

Aplikasi playstore tidak bisa dibuka
  • Sobat juga bisa coba untuk menggunakan menu reset preferensi aplikasi yang terdapat pada tab “all” di manager aplikasi, menu tersebut terdapat pada pojok kanan atas layar HP sobat, setelah anda memilih menu tersebut silahkan coba buka kembali playstore sobat apakah sudah bisa atau belum.
Google Play Store error

Jika setelah menggunakan semua langkah diatas dan google playstore masih tetap tidak bisa dibuka sobat bisa menggunakan cara uninstall atau copot pemasangan aplikasi tersebut kemudian mencoba menginstall kembali google playstore dengan versi yang terbaru.

Dan jika setelah memasang ulang aplikasi play store versi terbaru tapi tetap masih belum bisa dibuka juga berarti terdapat masalah pada sistem androidnya, sobat bisa menggunakan cara reset ke pengaturan pabrik atau " Factory Reset " namun jika sobat menggunakan cara ini semua data yang terdapat pada HP sobat akan hilang semua alias kembali kepengaturan awal seperti saat sobat pertama kali meng-aktifkan HP tersebut.

Apabila setelah melakukan semua langkah untuk mengatasi play store yang tidak bisa dibuka diatas dan tetap saja playstore tetap tidak mau dibuka sebaiknya sobat bawa ke Service Center resmi terdekat supaya dilakukan instal ulang sistem android sobat atau bila ada dan bila memungkinkan silahkan sobat minta untuk di upgrade ke versi terbaru.

0 Response to "Cara mengatasi aplikasi Play Store tidak bisa dibuka pada Android"

Post a Comment