Kapas cotton bud lepas dalam telinga? Begini cara mengeluarkannya

Menjaga kebersihan telinga merupakan sebuah keharusan yang harus kita lakukan secara rutin untuk merawat kesehatan organ pendengaran kita dari berbagai macam kotoran yang mungkin secara tidak sengaja masuk kedalam lubang telinga kita.

Tapi apakah sobat pernah mengalami sebuah kejadian dimana saat sobat sedang membersihkan telinga menggunakan cotton bud dan kapas dari cotton bud yang sobat gunakan tersebut lepas dan tertinggal di dalam lubang telinga sobat? Atau bisa jadi saat ini sobat atau kerabat sobat sedang mengalami hal tersebut?
cara mengeluarkan kapas cotton bud yang lepas dan tertinggal dalam telinga
Cotton Bud


Jika benar maka sobat tidak perlu panik karena untuk mengambil kapas yang tertinggal dalam telinga tersebut tidak susah selama sobat tenang dan tidak panik, kondisi tersebut bisa saja terjadi karena cotton bud yang digunakan untuk membersihkan telinga tersebut mungkin saja kualitasnya kurang bagus atau bisa jadi kondisi lubang telinga sobat sedang basah seperti sehabis mandi dan mengakibatkan kapas lepas pada saat digunakan untuk membersihkan bagian dalam telinga.

Cara mengeluarkan kapas cotton bud yang lepas dan tertinggal didalam telinga

Nah berikut ini adalah cara mudah untuk mengeluarkan kapas cotton bud yang secara tidak sengaja terlepas dan tertinggal didalam telinga yang bisa sobat lakukan jika mengalami kondisi tersebut.
  • Bisa dengan meminta pertolongan orang yang ada pada saat itu untuk mengeluarkan kapas cotton bud yang lepas tersebut dengan menggunakan pinset yang memiliki ujung runcing jika ada dan harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati karena jika sial bisa jadi ujung dari pinset tersebut malah dapat melukai bagian dalam telinga sobat.
  • Jika pada saat mengalami hal tersebut dan sobat sedang sendirian atau tidak ada orang lain yang bisa dimintai tolong untuk membantu mengeluarkan kapas yang tertinggal tersebut maka sobat bisa mencoba mengeluarkan kapas cotton bud yang lepas dan tertinggal tersebut dengan menggunakan batang korek api, lidi atau tusuk gigi.

mengeluarkan kapas cotton bud yang tertinggal dalam telinga

  • Patahkan salah satu ujung batang korek api atau lidi atau tusuk gigi tersebut dengan tangan dan biarkan ujung dari batang korek api, lidi atau tusuk gigi tersebut tidak rata atau berserabut supaya nanti kapas dapat tersangkut pada salah satu ujung dari batang korek, lidi atau tusuk gigi tersebut.
  • Masukkan secara perlahan dan hati-hati, jika sudah terasa menyentuh pada bagian kapas yang tertinggal silahkan sobat putar satu arah secara perlahan, dan jika kapas sudah tersangkut tarik keluar secara perlahan sembari masih diputar supaya kapas tidak lepas lagi.
Jangan menggunakan benda yang tumpul untuk mengeluarkan kapas yang tertinggal dalam telinga tersebut, karena bisa jadi kapas justru akan terdorong semakin dalam dan akan semakin susah untuk dikeluarkan sendiri, semoga cara tersebut dapat membantu sobat dalam mengeluarkan kapas cotton bud yang lepas dan tertinggal di dalam telinga.

0 Response to "Kapas cotton bud lepas dalam telinga? Begini cara mengeluarkannya"

Post a Comment