Cara mengobati gatal-gatal akibat jamur di selangkangan

Apakah sobat pernah mengalami gatal-gatal di area selangkangan? Kalau sobat pernah mengalami hal tersebut pasti tahu rasanya, rasa gatal diselangkangan biasanya terasa sangat gatal dan cukup menyiksa karena membuat kita pengen menggaruk bagian yang gatal tersebut, bayangkan saja jika rasa gatal tersebut muncul pada saat kita sedang di tempat umum ngga lucu kan ya kalau kita garuk-garuk bagian selangkangan tersebut di depan orang banyak hehehe.

Penyebab selangkangan menjadi gatal biasanya dikarenakan terjadinya iritasi pada area selangkangan karena menggunakan celana dalam yang terlalu ketat atau bisa juga dikarenakan oleh alergi atau penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan kimia tertentu, selain itu gatal di selangkangan juga bisa di akibatkan karena infeksi jamur pada area selangkangan tersebut, dan pada beberapa kasus gatal di selangkangan bisa timbul akibat tertular penyakit dikarenakan aktif secara seksual seperti penyakit sifilis dan herpes genital.

Tanda-tanda jika gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur biasanya pada area selangkangan terdapat ruam merah atau coklat kehitaman serta terdapat benjolan-benjolan kecil pada area tersebut, pada area yang gatal tersebut, kulit pada area yang terasa gatal tersebut terdapat sisik-sisik kulit yang mengelupas dan jika kita berkeringat rasa gatal akan terasa semakin gatal.

Iritasi juga merupakan salah satu penyebab gatal pada selangkangan, gesekan kulit dengan kulit atau kulit dengan celana dalam yang terjadi pada kulit selangkangan yang sedang mengalami iritasi juga dapat menyebabkan timbulnya jamur hal tersebut diperparah dengan kelembaban pada area tersebut.
Berbeda halnya jika gatal di selangkangan diakibatkan oleh infeksi bakteri, pada area selangkangan akan berwarna kemerahan dan terasa amat gatal, selain itu pada area tersebut terkadang juga disertai dengan timbulnya nanah dan bila infeksi tersebut semakin parah kita akan mengalami demam serta pada area selangkangan akan terasa nyeri.

Selangkangan adalah merupakan tempat favorit tumbuhnya jamur karena pada area tersebut biasanya lembab oleh keringat serta hangat karena terlindung di dalam celana, pada area tersebut jamur akan tumbuh dan berkembang dengan cepat, selain itu tentunya pada bagian sela-sela jari kaki kita yang tertutup pada saat menggunakan sepatu.
Cara mengobati gatal akibat infeksi jamur diselangkangan
tanda infeksi jamur di selangkangan

Cara mengobati gatal akibat jamur diselangkangan

Jika sobat mengalami gatal pada selangkangan yang diakibatkan oleh jamur maka sebaiknya segera gunakan obat anti jamur atau salep yang digunakan untuk membasmi jamur pada kulit kita, beberapa contoh obat gatal yang diakibatkan oleh jamur yang tersedia di apotik-apotik seperti salep Fungiderm, Kalpanax cair, Daktarin, Canesten cream, Miconazole dan lain sebagainya.
kalpanax cair untuk mengobati gatal akibat infeksi jamur di selangkangan
Kalpanax cair, obat untuk mengobati gatal akibat infeksi jamur

Saya sendiri pada saat mengalami hal tersebut menggunakan obat gatal Kalpanax cair, cukup efektif dan ampuh menurut saya pribadi, karena selang beberapa hari setelah menggunakan obat gatal diselangkangan tersebut rasa gatal pada area selangkangan sangat-sangat berkurang bahkan sudah tidak terasa gatal lagi, dan kemudian kulit pada area tersebut akan mengelupas sendiri seiring matinya jamur.

Selain mengobati tentunya mencegah adalah salah satu hal yang sangat penting supaya kita tidak terserang gatal akibat infeksi jamur pada kulit tubuh kita, dengan selalu menjaga kebersihan tubuh kita, dengan tidak menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat, gunakan celana yang sedikit lebih longgar supaya area selangkangan tidak lembab oleh keringat, selalu ganti celana serta celana dalam, bersihkan area selangkangan dengan air dan sabun anti bakteri setelah beraktifitas seharian penuh hal-hal tersebut adalah salah satu usaha pencegahan supaya kita tidak terserang infeksi jamur.

Dan jika sobat mengalami gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur sebaiknya selalu bersihkan area selangkangan dengan menggunakan air dan sabun antibakteri supaya jamur lekas mati, keringkan dengan menggunakan handuk bersih area tersebut dan sebisa mungkin jangan gunakan handuk yang sama untuk mengeringkan bagian selangkangan yang masih terinfeksi jamur karena akan dapat mengakibatkan area yang tidak terkena infeksi menjadi terinfeksi juga.

Setelah mandi dan kering oles area selangkangan tersebut dengan menggunakan obat anti jamur seperti yang sudah disebutkan diatas, jika menggunakan kalpanax cair biasanya pada area yang terinfeksi jamur akan terasa sangat perih, tapi rasa perih tersebut hanya sesaat dan rasa perih tersebut juga dapat digunakan sebagai indikasi bahwa obat tersebut bekerja.

Usahakan jangan menggaruk area selangkangan secara langsung dengan menggunakan jari atau kuku alasi dengan kain terlebih dahulu dan garuk dengan pelan, selain itu menggaruk juga dapat mengakibatkan luka serta infeksi jamur semakin melebar juga dapat mengakibatkan infeksi jamur secara tidak sengaja menginfeksi bagian tubuh lain jika jari yang digunakan untuk menggaruk tersebut menyentuh bagian lain dari tubuh kita.

Nah semoga gatal-gatal akibat infeksi jamur yang menyerang area selangkangan sobat dapat segera sembuh, dan selalu jaga kebersihan adalah merupakan obat yang paling manjur, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara mengobati gatal-gatal akibat jamur di selangkangan"