Penyebab badan lemas setelah bangun tidur

Tidur adalah sebuah kegiatan yang berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh dari kelelahan dan juga supaya organ-organ dalam tubuh kita yang setelah seharian bekerja dapat beristirahat dan dapat berfungsi dengan maksimal kembali setelah beristirahat nantinya, tujuan tidur adalah mengembalikan kesegaran tubuh kita dari rasa lelah setelah melakukan berbagai macam hal dan kegiatan pada siang harinya.

Tapi tidak sedikit dari kita justru mengalami hal sebaliknya setelah bangun dari tidur, bukan merasa kembali segar tapi justru badan merasa tidak segar, lemas serta kurang fit yang akhirnya menyebabkan kita menjadi kurang bersemangat untuk melakukan kegiatan apapun.

Berbanding terbalik dengan fungsi dari tidur yang digunakan untuk menyegarkan kembali kondisi tubuh setelah mengalami kelelahan, penyebab tubuh menjadi lemas setelah bangun tidur tersebut ternyata terjadi dikarenakan oleh beberapa kondisi, dan berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan timbulnya rasa lemas saat bangun tidur.
Penyebab badan lemas setelah bangun tidur
pic source : physicalculturist.ca

Penyebab badan terasa lemas setelah bangun tidur

  • Kurang Tidur
Kurangnya jam tidur adalah salah satu kondisi pada umumnya yang menyebabkan seseorang akan merasa lemas setelah bangun tidur, tubuh kita memerlukan waktu beristirahat atau waktu untuk tidur yang cukup dalam sehari dan setidaknya sepertiga hari atau 8 jam adalah waktu yang ideal untuk digunakan mengistirahatkan badan kita.

Jika kurang dari itu maka tubuh kita akan merasa lemas pada saat bangun tidur hal tersebut dikarenakan tubuh masih merasa kurang istirahat dan masih merasa lelah, penyebab kurang tidur bisa dikarenakan berbagai macam hal seperti terlalu banyak pikiran atau stress, bisa juga susah tidur dikarenakan kondisi lain seperti memiliki penyakit Insomsia serta kondisi lain seperti mengalami sakit gigi pada malam hari atau sedang mengalami gangguan kesehatan seperti hidung tersumbat sebelah yang menyebabkan kita menjadi susah tidur.
  • Kebanyakan Tidur
Terlalu lama beristirahat atau terlalu lama tidur juga dapat menyebabkan badan menjadi lemas setelah bangun tidur, pada saat kita tidur melebihi waktu ideal untuk tidur maka kinerja organ dalam tubuh menjadi kacau dan tidak berfungsi dengan semestinya yang akhirnya menyebabkan kita menjadi merasa lemas setelah bangun tidur.
  • Mengkonsumsi Alkohol
Mengkonsumsi alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, selain dapat merusak organ-organ dalam tubuh kita, dengan mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan serta dapat mengganggu fungsi dan kinerja dari organ dalam tubuh kita yang akhirnya menyebabkan kualitas tidur kita menjadi terganggu atau tidak bagus, hal tersebut mengakibatkan badan terasa lemas dan kepala pusing pada saat bangun tidur.
  • Stress / Depresi
Memiliki banyak pikiran atau tingkat depresi tinggi dapat menyebabkan kualitas tidur seseorang menjadi tidak bagus dan biasanya seseorang tersebut akan lebih mudah atau akan sering terbangun pada waktu tidurnya hal tersebut dapat menyebabkan badan menjadi lemas setelah bangun tidur.
  • Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi pada seseorang dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk, hal tersebut dikarenakan aliran darah pada tubuh menjadi tidak normal dan dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas pada saat bangun tidur.
  • Gula darah
Kadar gula darah yang naik juga dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk dan dapat menyebabkan timbulnya rasa lemas pada tubuh setelah bangun tidur, hindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis pada saat sebelum tidur.
  • Mengkonsumsi obat tidur
Obat tidur digunakan oleh beberapa orang untuk memaksa tubuh untuk beristirahat dan tertidur dan biasanya efek dari penggunaan obat tersebut adalah badan terasa lemas pada saat bangun tidur, hal tersebut dikarenakan kualitas tidur yang buruk serta kurangnya jam tidur akibat dipaksa dengan menggunakan obat tidur tersebut.

Tujuan dari kita tidur sejatinya adalah untuk mengistirahatkan tubuh dari rasa lelah setelah seharian beraktifitas dan tidur adalah merupakan salah satu obat terbaik untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan seperti salah satu contohnya mengobati sakit kepala.

Jadi jika kita mengalami atau justru merasakan badan lemas setelah bangun tidur terdapat kemungkinan sobat memiliki atau mengalami beberapa kondisi yang sudah disebutkan diatas, sebaiknya sobat hindari beberapa kondisi diatas supaya mendapatkan kualitas tidur yang bagus dengan cara menjaga asupan nutrisi yang tepat dan sehat, serta mengatur pola dan waktu tidur yang tepat.

0 Response to "Penyebab badan lemas setelah bangun tidur"

Post a Comment