Manfaat daun sereh untuk kesehatan

Daun sereh atau daun tanaman serai, seperti yang sudah umum kita ketahui bahwa daun sereh tersebut digunakan sebagai salah satu bumbu dalam berbagai resep masakan khas di Negara kita atau digunakan sebagai bahan utama pembuatan minyak sereh.

Pada beberapa daerah daun sereh digunakan sebagai bahan minuman herbal yang digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan dan biasanya dikombinasi dengan rimpang jahe dan berbagai macam rempah lainnya, bahkan di beberapa Negara daun sereh digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat.

Sereh kaya akan kandungan berbagai macam zat dan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita diantaranya kalsium, riboflavin, niacin, folat, thiamin, vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C serta kandungan zat-zat berguna lainnya, tidak mengherankan jika daun sereh banyak digunakan sebagai salah satu bahan baku untuk pembuatan obat.

Berikut ini adalah beberapa macam gangguan kesehatan yang bisa sobat obati dengan menggunakan kandungan zat yang terdapat di dalam daun sereh.

Manfaat daun sereh untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat sereh untuk kesehatan

  • Detoksifikasi / membersihkan racun dan zat berbahaya dari tubuh kita
Kandungan dalam daun sereh yang kaya akan antioksidan dan sifat daun sereh yang bisa digunakan sebagai antiseptik membuat tanaman sereh ini harus sobat masukkan ke dalam salah satu menu diet sehat yang sedang sobat jalani saat ini dan juga sereh sangat bagus digunakan sebagai tanaman herbal untuk membantu mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh supaya tidak menumpuk dan tidak menyebabkan gangguan berbagai macam masalah kesehatan.
  • Menyehatkan saluran pencernaan
Manfaat sereh juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan saluran pencernaan kita, zat yang terdapat dalam daun sereh dapat membantu membunuh bakteri-bakteri jahat serta parasit yang terdapat pada usus, selain itu zat dalam daun sereh juga membantu mengembalikan bakteri baik yang terdapat dalam usus yang hilang, hal tersebut tentunya membantu menjaga dan merawat saluran pencernaan dari berbagai macam gangguan kesehatan seperti sembelit, perut sebah, asam lambung, kembung, diare, mual-mual dan kram perut.
  • Anti Kanker
Terdapat sebuah penilitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan di Dunia terhadap daun sereh dan pada penelitian tersebut menemukan bahwa didalam daun sereh terdapat zat Citral yang merupakan salah satu zat anti-kanker yang aktif membantu membunuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh kita, dengan mengkonsumsi rutin ramuan teh daun serai dapat membantu mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita.
  • Diabetes
Mengkonsumsi ramuan teh daun sereh dapat membantu membersihkan organ pada tubuh kita dan juga membantu meningkatkan fungsi dari organ tersebut, selain itu juga dapat membantu meningkatkan kinerja organ pankreas menjadi lebih baik hingga dapat membantu mengurangi serta menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita Diabetes.
  • Anti-inflamasi atau anti peradangan
Kandungan yang terdapat di dalam daun sereh dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati radang, mengkonsumsi jus daun sereh diyakini dapat mengobati penyakit asam urat, radang saluran kemih, radang tenggorokan dan dapat membantu untuk mengobati nyeri sendi akibat peradangan.
  • Tekanan darah tinggi
Meminum teh daun serai sangat dianjurkan bagi para penderita tekanan darah tinggi, karena kandungan zat potasium yang terdapat dalam daun sereh dapat membantu menurunkan dan mengatur kadar tekanan darah pada tubuh kita.
  • Membantu menurunkan berat badan
Beberapa informasi mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi teh daun sereh dapat membantu menurunkan berat badan tubuh kita sangat cocok bagi yang sedang melakukan diet sehat, efek diuretic pada daun sereh dapat membantu melancarkan buang air besar yang tentunya cukup efektif untuk mengurangi kandungan lemak dalam tubuh.
  • Masuk angin dan flu
Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada daun sereh seperti halnya manfaat jahe dapat membuat efek hangat pada tubuh kita dan dapat mengurangi atau meringankan gejala penyakit flu dan dapat digunakan untuk mengobati masuk angin, pada saat badan mulai terasa tidak enak dan pada tenggorokan terasa gatal serta mulai menunjukkan gejala akan mengalami flu segeralah minum ramuan teh daun sereh hangat dan tambahkan juga rimpang jahe pada ramuan.
  • Mulas-mulas
Ramuan teh daun serai dapat sobat gunakan untuk mengobati dan mengurangi rasa mulas atau berbagai macam gangguan pada saluran pencernaan lainnya yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam pada saluran pencernaan.
  • Membantu mengatasi susah tidur
Kondisi susah tidur dikarenakan mengalami insomnia atau penyebab lainnya seperti susah tidur karena sakit gigi bisa sobat coba atasi dengan meminum ramuah teh daun serai hangat, karena pada daun serai terdapat zat yang dapat memberikan efek menenangkan sistem saraf pada tubuh kita.
  • Mengurangi resiko kolesterol
Kandungan zat yang terdapat dalam daun sereh dapat digunakan untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat pada usus yang merupakan salah satu penyebab penyakit kolesterol.

Selain dapat digunakan untuk mengobati dan mengatasi berbagai macam masalah kesehatan diatas manfaat daun sereh juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit seperti halnya dengan rutin mengkonsumsi teh daun sereh secara rutin dapat membantu mengatasi dan mencegah jerawat pada wajah serta dapat mengobati masalah eksim pada kulit kita.

Kandungan zat yang terdapat pada daun sereh juga dapat membantu menjaga kondisi kulit tetap segar dan dapat membantu memperlambat penuaan dini pada kulit tubuh kita, selain manfaat daun sereh sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita daun sereh juga sangat bagus untuk digunakan merawat kesehatan dan kecantikan kulit tubuh kita, semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat daun sereh untuk kesehatan"

Post a Comment