Apa sih penyebab tenggorokan gatal? bagaimana cara mengatasinya?

Tenggorokan gatal adalah sebuah kondisi yang sangat tidak menyenangkan atau sangat mengganggu pada bagian tenggorokan kita, dan rasa gatal pada tenggorokan tersebut biasanya memicu kita menjadi batuk-batuk. Rasa gatal pada tenggorokan yang muncul dan kita rasakan biasanya merupakan sebuah gejala dari infeksi saluran pernapasan, gejala dari alergi atau bisa juga dikarenakan kita sedang mengalami radang tenggorokan ( faringitis ).

Gejala lain yang biasanya menyertai pada saat kita menderita gatal pada tenggorokan antara lain demam, rasa nyeri dan sakit pada tenggorokan, susah untuk menelan meski hanya untuk menelan ludah dan batuk-batuk.

penyebab tenggorokan gatal

Penyebab Tenggorokan Gatal

Beberapa hal di bawah ini adalah merupakan penyebab munculnya rasa gatal pada tenggorokan yang umum terjadi.
  • Alergi
Alergi terhadap suatu jenis bahan makanan dan minuman tertentu juga dapat mengakibatkan kita mengalami rasa gatal pada tenggorokan, ciri-ciri jika penyebab tenggorokan terasa gatal diakibatkan oleh alergi biasanya gejala berlangsung lebih lama serta lebih sering dan disertai dengan beberapa gejala-gejala lain seperti mata berair, hidung keluar ingus, disertai dengan sesak napas dan berbagai gejala lainnya.
  • Iritasi
Terjadi iritasi pada salurang tenggorokan juga merupakan sebuah penyebab yang sangat umum terjadi yang mengakibatkan tenggorokan menjadi gatal, biasanya terjadi dikarenakan tidak sengaja menelan cairan kimia, asap rokok baik sebagai perokok aktif atau perokok pasif sama-sama dapat mengalami iritasi pada tenggorokan, polusi udara juga dapat menyebabkan kita mengalami infeksi pada tenggorokan.
  • Infeksi
Salah satu penyebab tenggorokan yang sangat umum terjadi adalah dikarenakan terjadinya infeksi pada saluran pernapasan terutama saluran pernapasan bagian atas, infeksi penyebab tenggorokan gatal biasanya disebabkan oleh virus (penyebab flu, pilek dll), bakteri (penyebab radang tenggorokan) dan infeksi jamur.

Tenggorokan gatal dikarenakan infeksi jamur biasanya terjadi dikarenakan lemahnya atau penurunan sistem daya kekebalan pada tubuh, terjadi pada orang yang menderita AIDS, sedang menjalani kemoterapi pengobatan kanker, menderita diabetes mellitus dan lain sebagainya.
  • Berteriak atau berbicara lantang
Ketegangan pada pita suara diakibatkan berteriak atau bernyanyi dalam waktu yang lama juga menjadi salah satu penyebab tenggorokan gatal.
  • Asam lambung naik
Ketika sedang mengalami gangguan kesehatan asam lambung naik juga dapat menjadi salah satu penyebab tenggorokan gatal, hal tersebut dikarenakan reflux asam yang naik sampai ke bagian tenggorokan.

Beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan adalah antara lain trauma pada tenggorokan, tumor, Bronchitis, Pneumonia dan lain sebagainya.

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal

Jika gatal pada tenggorokan dikarenakan oleh infeksi virus dan bakteri penyebab influenza, pilek dan akibat radang tenggorokan maka rasa gatal tersebut bisa sembuh dengan sendirinya.

Selain itu sobat bisa menggunakan cara sederhana untuk mengobati tenggorokan gatal dan bisa sobat lakukan sendiri di rumah, antara lain :
  • Minum banyak air putih, jika tenggorokan gatal dan terasa kering selain untuk meredakan gatal juga untuk mencegah dehidrasi
  • Berkumur dengan air hangat dicampur garam
  • Minum air jeruk hangat
  • Minum teh herbal hangat
  • Minum air jahe hangat
  • Menghirup uap air panas
  • Memakan permen pelega tenggorokan
  • Makan tablet hisap obat radang tenggorokan
Penggunaan obat-obatan jenis antibiotik , obat batuk, antihistamin dan kortikosteroid bisa dilakukan jika penyebab gatal pada tenggorokan jelas dan sudah diketahui, akan lebih baik dan lebih bijaksana menangani dengan cara alami terlebih dahulu jika belum mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab tenggorokan gatal yang sedang sobat alami saat ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa sih penyebab tenggorokan gatal? bagaimana cara mengatasinya?"

Post a Comment