Berbagai macam manfaat jahe untuk kesehatan tubuh

Jahe, salah satu rempah yang sudah dari sejak jaman dulu biasa dibuat menjadi minuman atau yang biasa disebut dengan wedang jahe yang dapat menghangatkan tubuh yang meminumnya pada saat udara sedang dingin, selain itu manfaat jahe yang lain digunakan sebagai bahan bumbu masakan yang dapat memberikan efek hangat bagi yang memakan masakan tersebut.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan dan minuman “wedang jahe”, rimpang jahe juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam jahe selain dapat memberikan efek rasa hangat bagi yang mengkonsumsinya juga sangat bagus untuk digunakan mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan.

Terdapat beberapa jenis varian jahe yang dapat kita temui pada pasar-pasar tradisional di daerah kita yaitu Jahe Gajah, Jahe Kuning dan Jahe Merah.

Jahe Gajah adalah jenis jahe yang memiliki rimpang besar dengan warna daging kuning hingga putih, jahe jenis ini memiliki rasa tidak terlalu pedas dibandingkan dengan jenis jahe yang lain.

Jahe Kuning merupakan jenis jahe yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan, masakan akan memiliki aroma dan rasa yang cukup tajam jika dicampurkan kedalam masakan, ukuran rimpang jahe lebih kecil dibandingkan ukuran jahe Gajah.

Jahe Merah merupakan jahe yang memiliki kandungan minyak atsiri yang terbanyak diantara jahe lainnya, jahe Merah memiliki rasa paling pedas diantara jahe lainnya dan memiliki ukurang rimpang jahe yang paling kecil diantara jahe lainnya, dinamakan jahe merah karena kulit rimpang jahe berwarna merah, dikarenakan memiliki kandungan minyak atsiri yang tertinggi maka jenis jahe ini biasanya yang digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan obat.

manfaat jahe untuk kesehatan

Apa saja manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita

Berikut ini adalah berbagai macam manfaat jahe yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita :
  • Melawan Kanker
Jahe sudah dari dulu sudah digunakan sebagai obat untuk membantu melawan kanker Ovarium, pada peneilitian yang dilakukan oleh pihak University of Michigan Comprehensive Cancer Center menemukan bahwa jahe dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker Ovarium.

Selain digunakan untuk mengobati kanker Ovarium jahe juga dapat melindungi usus dan mengurangi resiko usus terkena Kanker usus besar hal tersebut adalah hasil dari saah satu percobaan yang publikasikan oleh Journal of Clinical Oncology.
  • Anti peradangan
Kandungan senyawa Gingerol yang terdapat dalam jahe merupakan senyawa anti-inflamasi yang sangat mengagumkan, zat tersebut menyebabkan jahe menjadi obat alami yang sangat bagus untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh peradangan seperti peradangan pada sendi ( nyeri sendi ).
  • Mengatasi Batuk
Jahe merupakan obat alami yang sangat bagus untuk mengobati batuk, dengan meminum air jahe hangat pada saat batuk dapat membantu menghentikan batuk yang tidak kunjung berhenti, iris atau geprak jahe kemudian seduh dengan air panas 1 gelas dan berikan sedikit madu sebagai pemanis.
  • Mengobati Radang Tenggorokan
Jahe sangat bagus untuk mengobati sakit radang tenggorokan, minum wedang jahe dengan ditambahkan madu atau jeruk lemon dapat meredakan dan mengobati radang tenggorokan yang sedang sobat derita.
  • Mengobati Sakit Gigi
Salah satu manfaat jahe adalah dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, sudah dari sejak dulu rimpang jahe digunakan untuk mengobati sakit gigi, bisa dengan cara menggosokkan rimpang jahe pada bagian gigi yang sakit atau menggunakan air rebusan jahe yang mendidih kemudian didinginkan dan digunakan untuk berkumur.
  • Mengatasi Migrain
Sakit kepala dan sakit kepala sebelah atau migrain juga dapat diobati dengan mengkonsumsi wedang jahe panas yang pedas, jahe sangat bagus untuk mengatasi rasa mual yang biasanya muncul pada saat migrain, tambahkan madu sebagai pemanis.
  • Mengatasi Mual
Mual bisa terjadi dikarenakan adanya masalah pada saluran pencernaan tapi mual juga bisa terjadi dikarenakan sedang mengalami masuk angin atau demam, atau bisa juga mual yang diakibatkan karena mabuk perjalanan, minum wedang jahe hangat akan dapat membantu meredakan rasa mual yang menyerang.
  • Mengatasi Gangguan Pencernaan
Gangguan saluran pencernaan seperti kram, asam lambung, perut sebah dan nyeri pada saat menjelang haid dapat diredakan dengan meminum wedang jahe hangat secara teratur.
  • Mengatasi Mual pada Ibu Hamil
Bagi ibu hamil terkadang biasanya akan mengalami mual pada saat pagi hari atau biasa disebut dengan Morning Sickness, untuk mengurangi atau meredakan rasa mual tersebut bisa dengan meminum wedang jahe hangat pada saat bangun tidur.
  • Meningkatkan Daya Kekebalan Tubuh
Mengkonsumsi wedang jahe secara rutin dan teratur tiap hari dapat membantu menjaga daya kekebalan tubuh sobat, karena dalam jahe terkandung zat yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat bagus untuk menjaga dan meningkatkan daya kekebalan tubuh kita.
  • Mengecilkan Perut Buncit
Mengkonsumsi wedang jahe secara rutin sesaat sebelum makan dapat membantu mencegah perut menjadi buncit, zat yang terdapat dalam jahe dapat berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan makanan dan mempercepat pembakaran kalori pada tubuh sehingga dapat mencegah dan membantu mengecilkan perut yang buncit.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Mengkonsumsi wedang jahe dapat membantu melebarkan saluran pembuluh darah sehingga memperlancar peredaran darah dan dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.
  • Mengatasi Jerawat
Manfaat jahe lainnya adalah dapat digunakan sebagai obat jerawat alami, seperti penilitian yang dilakukan oleh Universitas Maryland Medical Center mengatakan dengan mengkonsumsi jahe sebanyak 4 gram per hari dapat membantu mencegah timbulnya jerawat pada wajah, disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari takaran tersebut karena jika berlebih dapat mengakibatkan sobat mengalami efek samping seperti diare, mules dan iritasi.
  • Detoksifikasi
Dengan mengkonsumsi wedang jahe secara rutin dapat membantu mengeluarkan racun dan zat-zat yang merugikan di dalam tubuh, dengan mengkonsumsi wedang jahe akan mengakibatkan sobat berkeringat dan racun serta zat yang merugikan akan dikeluarkan bersamaan dengan keringat tersebut.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Kandungan gingerol dapat membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah, serta dapat merangsang pelepasan hormon andrenalin yang dapat memperlancar aliran peredaran darah kita, dengan mengkonsumsi wedang jahe secara rutin dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam hati dan saluran darah dengan efektif.
  • Mengurangi Resiko Serangan Jantung dan Stroke
Manfaat jahe adalah dapat memperlancar proses peredaran darah, kandungan zat Gingerol pada jahe dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah pada saluran darah, tersumbatnya pembuluh darah akibat karena terjadinya penggumpalan darah adalah salah satu penyebab utama terjadinya serangan jantung dan Stroke.

Berbagai macam manfaat jahe untuk kesehatan tubuh diatas hanyalah merupakan sebagian dari sekian banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi jahe secara rutin.

Sebagai catatan tambahan untuk mengkonsumsi jahe, sobat bisa membuat wedang jahe dengan resep wedang jahe sederhana berikut ini :

manfaat wedang jahe

Resep Membuat Wedang Jahe Sederhana

  • 1 atau 2 buah rimpang jahe yang sudah dibersihkan.
  • iris tipis-tipis atau bisa juga dengan di bakar terlebih dahulu diatas api kemudian geprak, hal tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan keseluruhan zat yang terkandung dalam jahe.
  • Seduh dengan air panas mendidih ke dalam 1 gelas.
  • Beri sedikit madu untuk pemanis, bagi sobat yang tidak memiliki masalah dengan gula bisa menggunakan gula sebagai pemanisnya.
  • Opsional bisa dengan menambahkan perasan jeruk nipis, resep ini biasanya digunakan jika sobat sedang mengalami masalah pada bagian tenggorokan seperti batuk atau radang tenggorokan.

Semoga informasi mengenai apa saja manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita diatas dapat bermanfaat bagi sobat.

Sumber :
  • http://naturalsociety.com/benefits-of-ginger/
  • http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=72

0 Response to "Berbagai macam manfaat jahe untuk kesehatan tubuh"

Post a Comment