Tips cara menghilangkan noda hitam dari wajah dengan bahan alami

Flek hitam atau noda hitam pada wajah dapat membuat tidak nyaman kepada seseorang yang mengalaminya dan bahkan juga bisa membuat seseorang yang mengalami flek hitam pada wajah tersebut menjadi tidak percaya diri dalam bergaul atau tampil di muka umum, banyak cara yang akan rela mereka tempuh demi untuk menghilangkan noda hitam dari wajah mereka mulai dari menggunakan obat-obatan yang mahal harganya dan bahkan rela melakukan perawatan khusus dengan biaya yang terbilang cukup mahal hanya untuk menghilangkan flek hitam di wajah mereka.

Yang menjadi penyebab seseorang mengalami bercak noda hitam muncul pada wajah biasanya dikarenakan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah sebuah kondisi dimana kulit memproduksi melanin yang berlebih yang akhirnya membuat spot atau daerah tertentu pada kulit terlihat lebih hitam dibandingkan kulit lainnya, biasanya kondisi hiperpigmentasi muncul dikarenakan kerusakan kulit pada area tertentu di sekitar wajah.

  • Bekas Jerawat atau Luka

Bekas jerawat atau bekas luka seperti iritasi kulit atau gatal pada wajah sering meninggalkan bekas flek hitam pada kulit wajah, hal tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lumayan cukup lama untuk hilang sepenuhnya.

  • Gangguan Kulit

Gangguan pada kulit yang diakibatkan oleh pemakaian alat-alat kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit atau pemakaian kosmetik dengan bahan tertentu dalam waktu yang lama sehingga dapat memicu pigmentasi secara berlebihan pada kulit wajah dan menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah.

  • Hormon yang tidak Seimbang

Ketidakseimbangan hormon yang biasa terjadi pada saat wanita sedang hamil dapat memicu timbulnya hiperpigmentasi pada kulit dan menyebabkan munculnya noda hitam atau flek hitam pada kulit wajah.

  • Tersengat sinar matahari

Tersengat sinar matahari yang berlebihan dalam waktu yang cukup lama akan mendorong kulit memproduksi melanin lebih banyak, hal tersebut dikarenakan untuk melindungi kulit dari sengatan sinar ultra violet yang akhirnya memicu munculnya noda hitam atau flek hitam pada wajah.
Kerusakan atau gangguan pada hati

Noda hitam yang muncul pada wajah bisa saja muncul dikarenakan terdapat gangguan fungsi pada organ hati yang tidak bisa menghilangkan semua sel-sel racun yang terdapat dalam tubuh kita.

  • Akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan jenis tertentu juga merupakan salah satu penyebab munculnya noda hitam pada wajah, biasanya jenis obat-obatan yang mengandung klorpromasine, sitostatik, mesantoin dan monosiklin.

cara menghilangkan noda hitam dari wajah dengan bahan alami

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Lantas bagaimana cara untuk menghilangkan noda hitam pada kulit wajah kita?

Berikut ini adalah salah satu cara alternatif yang bisa sobat gunakan untuk menghilangkan flek hitam yang muncul pada kulit wajah sobat.

  • Air beras 

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan air bekas cucian beras, caranya gunakan air bekas cucian beras dan diamkan beberapa saat sampai sari beras mengendap, gunakan endapan tersebut dan balurkan pada wajah atau gunakan sebagai masker pada wajah, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih, lakukan rutin sehari sekali.

  • Teh

Teh cukup ampuh untuk digunakan menghilangkan flek atau noda hitam yang muncul pada kulit wajah kita, dikarenakan dalam daun teh kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang cukup tinggi sangat bagus untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan munculnya noda hitam.
Caranya : seduh daun teh atau bisa juga dengan menggunakan teh celup dalam gelas dan biarkan selama satu malam, gunakan atau oleskan air rendaman tersebut pada bagian kulit wajah yang terdapat flek hitam dan biarkan mengering, setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan rutin tiap hari.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya ampuh untuk digunakan sebagai cara alami menghilangkan noda hitam pada kulit wajah kita, oleskan getah atau lendir yang terdapat pada daging atau kulit lidah buaya pada bagian wajah yang terdapat noda hitam dan diamkan beberapa saat hingga getah mengering kemudian bilas atau cuci muka dengan air bersih, lakukan rutin 2 kali sehari sebelum mandi.

  • Pepaya

Kandungan enzim dalam buah pepaya dapat membantu mencerahkan warna kulit dan menghilangkan noda hitam pada kulit wajah, zat enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya dapat membantu mengelupas kulit dan mendorong produksi kulit yang baru yang lebih segar dan lebih cerah.

Caranya : buat masker dengan menggunakan daging buah pepaya yang sudah matang dan diamkan kurang lebih selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Cara lain bisa dengan menggunakan daging pepaya yang masih mentah yang diparut dan dicampur dengan air jeruk nipis, balurkan pada bagian kulit yang terdapat flek hitam, diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan bersih. Tahukah sobat bahwa kulit buah pepaya sangat bagus digunakan untuk mencerahkan warna kulit pada siku dan lutut.

  • Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan populer yang sering digunakan untuk bahan utama pembuatan obat pencerah warna kulit dan sangat ampuh untuk menghilangkan noda hitam pada wajah yang diakibatkan oleh sengatan matahari maupun noda hitam akibat usia.

Haluskan kunyit tambahkan susu dan sari jeruk lemon, balurkan pada bagian kulit yang terdapat noda hitam dan diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih, lakukan rutin setiap hari.

Bisa juga dengan menggunakan ramuan campuran kunyit dengan madu dan minyak zaitun, balurkan pada bagian yang terdapat flek hitam dan biarkan hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat dan lakukan rutin.

  • Sari Jeruk Lemon

Air perasan jeruk lemon sangat bagus menghilangkan dan menyamarkan noda hitam pada kulit dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada jeruk lemon sangat bagus untuk mencerahkan warna kulit kita dengan mengangkat sel-sel kulit yang telah mati.

Usapkan air perasan jeruk lemon pada bagian wajah yang terdapat noda hitam biarkan hingga kering kemudian bilas dengan air hingga bersih, lakukan secara rutin setidaknya selama 2 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika sobat termasuk seseorang yang memiliki kulit sensitif bisa menambahkan air pada perasan jeruk lemon dan juga dengan sedikit madu, selain dengan menggunakan jeruk lemon sobat juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis dengan cara penggunaan yang sama.

  • Gandum

Serbuk gandum sangat bagus untuk digunakan membantu mengelupas kulit yang sudah mati, sobat bisa menggunakan oatmeal yang dihaluskan dan ditambah 3 atau 4 sendok air jeruk lemon atau jeruk nipis, masker dari gandum ini termasuk salah satu cara ampuh untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, oleskan masker pada bagian wajah dan biarkan masker hingga mengering kemudian bersihkan dengan air hangat, lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.

  • Kacang almond

Rendam kacang almond sebanyak 8 hingga 10 butir kedalam susu dan biarkan semalaman, paginya kupas kulitnya dan tumbuk hingga halus tambahkan dengan setengah sendok teh madu, campur hingga merata, buat untuk masker pada wajah dan biarkan selama 30 menit bilas dengan air hangat hingga bersih, lakukan rutin.

  • Kentang

Kentang merupakan salah satu alternatif cara pengobatan alami untuk menghilangkan noda hitam di kulit wajah kita, cara penggunaanya bisa langsung dengan menempelkan irisan kentang pada bagian wajah dan biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih, bisa juga dengan menggunakan kentang yang dibuat sebagai masker, parut halus kentang dengan ditambahkan satu sendok makan madu, campur hingga merata dan gunakan sebagai masker, diamkan beberapa saat hingga mengering lalu bilas dengan air hangat hingga bersih, lakukan secara rutin.

  • Bawang

Campuran ramuan antara 1 sendok makan jus bawang putih dengan 2 sendok makan madu, oleskan ramuan tersebut ke bagian noda hitam pada wajah, diamkan kurang lebih selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih, lakukan rutin minimal 2 kali seminggu.

Cara mengatasi dan menghilangkan noda hitam pada kulit wajah diatas mungkin bukanlah cara yang instant untuk mengatasi flek dan noda hitam yang sedang sobat alami, tapi dengan menggunakan cara pengobatan memakai bahan alami diatas tentunya tidak memiliki efek samping yang mungkin bisa membahayakan dan bisa memperparah kondisi bintik hitam pada wajah sobat, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips cara menghilangkan noda hitam dari wajah dengan bahan alami"

Post a Comment