Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kegunaan bawang putih sebagai bumbu penyedap beraneka macam resep masakan tentunya sudah sobat ketahui sejak lama, tapi apakah sobat juga mengetahui ternyata dibalik aroma bawang putih tersimpan banyak sekali kandungan zat yang sangat bagus dan sangat diperlukan oleh tubuh kita, dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat menjaga kesehatan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dari serangan berbagai macam gangguan kesehatan.

Bawang putih (Allium Sativum) menurut catatan yang tertulis pada Wikipedia.org sudah digunakan sejak jaman Yunani kuno sebagai bahan campuran masakan dan juga sebagai bahan untuk pengobatan berbagai macam gangguan kesehatan yang menyerang.

Bermacam-macam khasiat dan manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi bawang putih secara rutin, hal tersebut dikarenakan dalam bawang putih segar terkandung berbagai macam zat seperti senyawa alliin, ajoene, polysulfides diallyl, vinyldithiins, S - allylcysteine, dan enzim serta senyawa lain seperti saponin dan flavonoid.

Selain itu dalam bawang putih juga memiliki berbagai macam kandungan seperti halnya vitamin B1 ( thiamine ), vit B5 ( Panthotenic Acyd ), Vitamin C dan juga kaya akan berbagai macam zat mineral seperti Kalsium, besi dan seng.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang kita peroleh jika mengkonsumsi bawang putih secara rutin.
  • Obat Flu, pilek dan batuk.
Kandungan pada bawang putih seperti Vitamin C serta antioksidan yang tinggi dapat digunakan untuk mengobati Flu, pilek dan batuk serta ampuh juga untuk mengobati masuk angin.
Melindungi tubuh dari Radikal Bebas berbahaya
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang putih sangat bagus untuk melawan serta melindungi tubuh kita dari berbagai macam radikal bebas yang berbahaya.
  • Mengobati infeksi
Kandungan Alliin dan sifat bawang putih sebagai antibakteri, antivirus dapat membantu tubuh dalam mengobati dan menyembuhkan berbagai macam infeksi yang menyerang tubuh kita.
Mengontrol kadar gula darah pada penderita Diabetes
Mengkonsumsi bawang putih secara rutin tiap hari dapat membantu meningkatkan sekresi insulin yang berfungsi mengatur dan mengkontrol kadar gula darah pada saluran darah, sangat penting dan sangat diperlukan untuk penderita diabetes.
  • Sebagai anti kanker
Dengan menkonsumsi bawang putih secara teratur dapat melindungi tubuh dari serangan kanker, senyawa-senyawa yang terdapat dalam bawang putih membantu sel darah putih menangkal dan juga memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  • Menurunkan tekanan darah dan Kolesterol 
Manfaat bawang putih dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dan tingkat tekanan darah pada tubuh kita.
  • Mengobati penyakit kulit
Khasiat bawang putih dapat juga digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur seperti contohnya kutu air dan infeksi jamur pada selangkangan.
  • Mengobati sakit gigi
Sudah dari sejak dulu bawang putih digunakan untuk mengobati sakit gigi yang ampuh, hal tersebut dikarenakan bawang putih berfungsi sebagai antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
Dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit, hal tersebut dikarenakan zat pada bawang putih dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan enzim interferon.

Manfaat bawang putih lainnya adalah dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh kita.

Nah diatas adalah hanya sebagian kecil dari Manfaat Bawang putih bagi kesehatan tubuh kita, masih banyak lagi khasiat bawang putih lainnya yang bisa sobat dapatkan dengan mengkonsumsi bawang putih tersebut secara teratur.

Jadi saat sobat merasakan tubuh sobat sedang tidak enak badan atau tidak fit seperti akan terserang flu atau masuk angin segeralah sobat coba konsumsi bawang putih tersebut supaya tubuh sobat segar dan terasa fit kembali, semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Kita"

Post a Comment