Arti hoax adalah

Akhir-akhir ini banyak sekali bertebaran berita-berita hoax yang cukup meresahkan di dunia maya, baik yang tersebar di berbagai macam media sosial dan juga disebarkan oleh beberapa media berita online yang mungkin belum begitu jelas kredibilitasnya.

Berita-berita hoax tersebut dibuat dan disebarkan oleh pembuatnya dengan berbagai macam tujuan, seperti contohnya adalah sebuah berita hoax yang dibuat oleh media online yang tidak jelas kredibilitasnya dengan tujuan supaya situs media online tersebut dibanjiri oleh pengunjung yang ingin tau dan penasaran oleh informasi berita tersebut, akibatnya situs media tersebut mendapatkan penghasilan karena situsnya banjir pengunjung, tapi apakah sobat tahu arti hoax itu apa?

arti hoax adalah
judul film dan buku "The Hoax"

Arti hoax adalah

Kata hoax awal mula muncul atau dikenal melalui sebuah judul film drama “The Hoax” di tahun 2006 yang dibintangi aktor terkenal Richard Gere dan disutradarai oleh Lasse Hallström, sebuah buku yang ditulis oleh Clifford Irving yang menceritakan biografi si penulis dan rekannya yang bernama Howard Hughes yang banyak membantu dalam pembuatan buku tersebut merupakan inspirasi dibuatnya film The Hoax tersebut.

Film The Hoax dianggap sebuah film yang mengandung banyak kebohongan di dalamnya dikarenakan banyak kejadian sebenarnya yang terdapat dalam buku namun dirubah dan juga dihilangkan.

Sejak saat itu kata Hoax menjadi terkenal dikalangan pengguna forum di dunia maya yang digunakan untuk menggambarkan sebuah berita bohong dan lambat laun kata tersebut akhirnya menyebar dengan cepat pada kalangan pengguna maya hingga saat ini.

Jadi bisa disimpulkan bahwa arti hoax adalah sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan sebuah informasi atau berita yang berisi kebohongan dan tidak jelas sumber asal informasi berita tersebut dan sengaja dibuat serta disebarkan oleh si pelaku dengan berbagai macam tujuan, seperti contohnya untuk mencari keuntungan pribadi, untuk memfitnah lawan politik dan untuk menyebarkan keresahan pada masyarakat umum.

Munculnya keresahan pada masyarakat dikarenakan berita yang tidak jelas tersebut menyebar dengan cepat dan diyakini bahwa berita tersebut merupakan informasi yang benar, informasi berita hoax tersebut dapat menyebar dengan cepat atau viral tersebut dikarenakan para pengguna media sosial yang membaca informasi tersebut langsung membagikan berita tersebut tanpa mencari informasi dari media lain tentang kebenaran informasi yang dibagikan tersebut.

Sebaiknya alangkah baiknya kita sebelum ikut membagikan sebuah informasi atau sebuah berita terlebih dahulu kita cari kebenaran informasi tersebut melalui informasi dari media berita lainnya supaya terhindar dari penyebaran berita hoax.

Bijaklah dalam menyikapi sebuah berita yang beredar di media sosial dan media berita yang belum jelas kredibilitasnya karena berita hoax yang tersebar atau mungkin yang kita bagikan tersebut dapat mengakibatkan keresahan serta perpecahan.

0 Response to "Arti hoax adalah"

Post a Comment