Sejarah Korek Zippo serta cara mengecek keasliannya

Zippo merupakan sebuah merk dari korek api gas yang berasal dari Negara Amerika, korek api yang terkenal dengan julukan korek api yang tahan angin ini mulai dipasarkan pada tahun 1930 an dan merupakan kerajinan tangan yang memiliki kualitas yang sangat bagus dan menjadi sebuah ikon kerajinan tangan Amerika.

korek api Zippo classic

Sejarah Korek Api Zippo

Pabrik korek Zippo di dirikan pada akhir tahun 1932 oleh seseorang yang bernama George G. Blaisdell dan pertama kali produk Korek api Zippo di luncurkan sekitar antara bulan Januari dan Februari tahun 1933.

Penggunaan nama Zippo untuk korek api tersebut awal mula atau asalnya adalah dari kata Zipper atau resleting yang sedikit di belokkan menjadi Zippo, dan pertama kali dipasarkan untuk umum dengan harga sebesar US$ 1.95 per korek nya.

Dari design awal pertama kali dibuat bentuk korek Zippo sudah menggunakan design segi empat dan sudut-sudutnya berbentuk lancip segi empat atau benar-benar kotak, pada bagian body luar korek dibuat dari tabung Braso kotak yang dilapisi oleh cat atau dilapisi dengan krom, dan engsel sebagai penyambung penutup atas dengan tabung bawah awalnya terdapat pada bagian luar body.

Pada tahun 1936 terjadi perubahan design pada engsel, yang sebelumnya terdapat pada luar dipindah atau di letakkan di dalam tabung body, pada tahun 1939 merupakan sebuah tahun yang cukup penting bagi perkembangan korek Zippo karena pada tahun tersebut diluncurkan suatu iklan khusus untuk produk korek api Zippo, dan pada tahun 1939 sebuah produk korek Zippo dengan lapisan luar yang mengandung emas 14 karat di pertunjukkan kepada publik umum.

Pada saat terjadi perang dunia ke II, korek Zippo digunakan sebagai korek resmi tentara Amerika saat itu dikarenakan korek api Zippo ini terkenal sangat kuat dan sangat berguna di segala medan tempur.
Yang menjadikan korek Zippo sangat spesial adalah dikarenakan bahan bakar yang digunakan tidak memerlukan bahan yang khusus bahkan bisa menggunakan bensin sebagai bahan bakar korek tersebut.

Pada tahun 1950 zippo mengeluarkan design baru untuk produk korek apinya dengan menggunakan pembungkus kulit warna warni dan dengan bentuk design yang sedikit lebih ramping daripada design sebelumnya, pada tahun 1960 an design dengan lapisan emas 14 karat dan body yang ramping di luncurkan, dan pada saat tahun 1969 dimana saat itu adalah pertama kali awak NASA berhasil mendarat di bulan, Zippo pun meluncurkan produk yang berbau dengan angkasa luar.

Pada tahun 2007 Zippo mengeluarkan variasi baru dari korek Zippo yang dikenal dengan Zippo Blu dimana korek tersebut menggunakan bahan bakar sejenis Butana atau gas yang dapat memancarkan api berwarna biru.

Loggo Korek Zippo
Loggo korek api Zippo berdasar tahun produksinya

Cara pembacaan kode seri yang terdapat pada Bottoms Logo Zippo

B = Februari
03 = 2003

Maksud dari kode tersebut adalah Zippo tersebut diproduksi pada bulan Februari tahun 2003, huruf yang tertera pada bottoms adalah merupakan bulan yang dimulai dari huruf A hingga L yang berarti bulan Januari hingga bulan Desember, dan Angka 01 adalah merupakan tahun yang menunjukkan tahun 2001 dan seterusnya.

Cara mengecek keaslian korek Zippo

Untuk membedakan korek Zippo yang asli dan palsu bisa sobat lihat pada kode produk yang terdapat pada kotak Zippo, kalau bisa coba bandingkan dengan beberapa korek Zippo yang berbeda-beda gambar atau jenis tapi ternyata kode produk sama berarti kemungkinan besar produk tersebut palsu, dikarenakan korek Zippo yang asli antara satu produk dengan produk yang lainnya akan berbeda kode produk, dikarenakan tiap produk memiliki kode produk yang unik dan universal.

Jadi untuk mempermudah sobat dalam mengecek keaslian korek Zippo adalah dengan mengecek kode Barcode yang terdapat pada box Zippo, jadi bila sobat akan membeli Zippo dan disitu terdapat bermacam jenis bisa sobat cek terlebih dahulu kode barcode yang terdapat pada box tersebut dan jika terdapat barcode yang sama berarti kemungkinan besar korek Zippo tersebut palsu.

Untuk lebih pastinya sobat bisa mencatat kode barcode tersebut dan kemudian silahkan cek keaslian barcode tersebut pada situs resmi korek Zippo di http://www.zippo.com/ atau sobat bisa juga dengan mencari cara mengecek keaslian korek Zippo yang banyak tersebar di internet supaya lebih yakin lagi tentang keaslian produk Zippo yang sobat beli, semoga bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Korek Zippo serta cara mengecek keasliannya"

Post a Comment