Waspada Modus Penipuan Undian Berhadiah Melalui Sms

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan modus penipuan yang dilakukan oleh para penipu untuk menjerat para korbannya, modus yang dilakukan oleh para penipu tersebut terbilang cukup bermacam-macam ada yang melalui selebaran undian berhadiah. melalui SMS seperti pada kasus “mama minta pulsa” dan ada modus dengan melakukan panggilan secara acak yang menginfokan bahwa keluarga si korban sedang mengalami kecelakaan dan terjerat sebuah masalah yang harus segera diselesaikan dengan syarat men-transfer sejumlah uang, dan masih banyak lagi jenisnya.

Modus penipuan melalui SMS selain “mama minta pulsa” ada juga modus yang menginformasikan bahwa nomor yang kita gunakan telah memenangkan undian berhadiah PT.Mkios atau modus penipuan Sms yang menginformasikan bahwa nomor rekening tabungan kita telah memenangkan undian berhadiah yang di selenggarakan oleh pihak Bank tempat kita menabung.

Biasanya isi dari SMS penipuan yang diterima tersebut memberitahukan bahwa nomor telepon seluler atau nomor rekening kita telah memenangkan undian berhadiah dan pada akhir isi sms tersebut disertai sebuah tautan yang jika sobat buka akan diarahkan ke sebuah halaman website atau situs yang sudah sengaja dibuat oleh para penipu dengan tujuan supaya calon korban yang tidak terlalu paham akan yakin bahwa dirinya memang benar memenangkan undian berhadiah setelah membaca atau mengunjungi halaman website tersebut.

Lantas bagaimana cara mengetahui bahwa informasi SMS yang kita terima dan memberitahukan kita menang undian berhadiah tersebut adalah sebuah modus penipuan?

Cara sederhana mengetahui modus penipuan menang undian berhadiah melalui SMS

Sebenarnya sangat mudah cara mengetahui bahwa SMS tersebut sebuah modus penipuan atau tidak, silahkan simak ulasan berikut ini supaya sobat lebih waspada nantinya.

Modus Penipuan Undian Berhadiah Melalui Sms
contoh sms penipuan menang undian berhadiah
Silahkan sobat coba lihat pada gambar diatas, gambar diatas adalah salah satu contoh modus Penipuan melalui SMS yang menginformasikan nomor yang kita gunakan telah memenangkan undian berhadiah yang dilakukan oleh Pt.Mkios dan oleh Bank BRI.

Jika sobat perhatikan dengan seksama pada nomor telepon seluler yang digunakan untuk mengirim SMS informasi tersebut adalah nomor umum seperti yang digunakan oleh orang kebanyakan, yang dengan mudah kita beli dengan harga murah bahkan tidak sampai Rp.10,000, dan seharusnya jika memang pihak tersebut melakukan undian berhadiah dengan hadiah yang cukup besar nominalnya umumnya atau biasanya peng-informasian hasil pemenang undian juga diumumkan melalui berbagai macam media seperti surat kabar atau Televisi.

Dengan melihat nomor yang digunakan untuk mengirim sms menang undian berhadiah tersebut sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membuat kita bisa mengetahui bahwa sms tersebut adalah sms penipuan, tapi terkadang seseorang akan lebih terlena dengan isi sms dengan iming-iming mendapatkan hadiah dengan nominal yang terbilang cukup mahal, siapa yang tidak?

Bisa juga dengan memperhatikan penulisan kalimat yang terdapat pada isi SMS, jika diperhatikan kalimat yang digunakan tersebut memakai kata-kata yang tidak resmi yang tidak seharusnya dipakai oleh sebuah perusahaan untuk menginformasikan sebuah berita atau info kepada pelanggan atau client mereka dan terlebih lagi informasi tersebut bersifat resmi, contohnya pemakaian kata U/info, Rp.27jt, k-4 dan utk info.

Dan untuk lebih meyakinkan lagi dan untuk lebih memastikan bahwa sms tersebut adalah memang sebuah modus penipuan silahkan sobat bisa buka link atau tautan alamat yang sudah disertakan pada bagian akhir SMS, pada kedua gambar diatas situs yang di tujukan untuk melihat info lebih lanjut keduanya sama-sama menggunakan situs gratisan dengan menggunakan nama alamat.blogspot.com, alamat.webly.com, alamat.jimdo.com dan masih banyak lagi situs gratisan lainnya.

Dengan melihat alamat tertaut yang disertakan pada sms tersebut juga sudah bisa di pastikan bahwa sms tersebut adalah penipuan, seharusnya jika memang itu resmi dari pihak penyelenggara situs yang disertakan pun adalah situs resmi perusahaan tersebut.

isi website penipuan

Seperti pada gambar yang terlihat diatas adalah merupakan halaman dari website yang tertaut pada sms yang berisikan informasi segala macam hal mengenai undian berhadiah tersebut seperti hadiah, daftar pemenang dan berbagai macam hal, tapi semua isi tersebut tidak benar alias memang sengaja dibuat supaya calon korban tertipu, desain dari website juga terbilang sangat tidak profesional jika digunakan untuk situs resmi sebuah perusahaan.

Nah jika sobat menerima sebuah sms yang berisikan tentang undian berhadiah sebaiknya jangan terburu-buru untuk percaya, silahkan dicermati terlebih dahulu supaya tidak menyesal karena tidak sedikit orang yang sudah tertipu dengan modus penipuan tersebut, semoga informasi tersebut bermanfaat dan tetap selalu waspada.

0 Response to "Waspada Modus Penipuan Undian Berhadiah Melalui Sms"

Post a Comment