Arti ikon dan simbol BBM pada aplikasi BBM di android

Apakah sobat termasuk salah satu pengguna baru aplikasi BBM atau baru saja mencoba menggunakan aplikasi BBM (Blackberry Mesengger) di Hp android yang sedang sobat gunakan saat ini? Jika benar maka tentunya sobat akan merasa sedikit asing dengan simbol-simbol yang muncul pada layar tampilan aplikasi BBM tersebut.

Selain mungkin belum terlalu familiar dengan ikon dan simbol di BBM tersebut, tentunya sobat juga belum mengetahui sepenuhnya tentang arti dari istilah-istilah yang nantinya akan sering sobat temui dan sering digunakan dalam percakapan atau digunakan sebagai status para pengguna BBM yang terdapat dalam daftar kontak BBM sobat.

Supaya nanti sobat tidak bingung dengan istilah, ikon dan simbol yang terdapat di aplikasi BBM, dibawah ini adalah sedikit informasi mengenai beberapa istilah, ikon dan simbol yang biasa digunakan atau akan sering sobat temui saat melakukan aktifitas chatting ( percakapan ) menggunakan aplikasi BBM.

ikon dan simbol BBM

Arti istilah, simbol dan Ikon pada aplikasi BBM 

  • DP ( Display Picture / gambar display / foto profil )
Display Picture atau “DP” adalah sebuah Foto profil atau tampilan gambar pada sebuah akun BBM, seperti contohnya pada akun atau pengguna BBM yang menjalankan Online shop maka biasanya mereka akan menggunakan gambar DP BBM berupa produk atau barang yang mereka jual.

Simbol Invites kontak BBM
  • Invites ( Undang )
Istilah uang digunakan untuk menambah teman yang juga menggunakan aplikasi BBM ke daftar kontak BBM kita, cara invite pengguna BBM lain dilakukan dengan cara memasukkan nomor “PIN“ atau dengan men-scan Barcode dari pengguna BBM tersebut.
simbol PIN dan Barcode BBM
  • PIN ( Personal Identification Number ) / nomor identifikasi 
Merupakan sederetan identifikasi bilangan unik terdiri dari nomor dan huruf yang digunakan sebagai nomor kepemilikan akun BBM, masing ID atau akun akan memiliki deretan nomor dan huruf yang unik dan tidak ada kesamaan antara satu ID dengan ID yang lainnya.
  • Personal Message ( PM ) / pesan pribadi
Percakapan pribadi yang dilakukan antar ID BBM dan istilah personal message tersebut biasa disingkat PM atau Japri (Jalur Pribadi).

Simbol Broadcast messages BBM
  • Broadcast Messages (BC)
Sebuah fitur atau fasilitas di aplikasi BBM yang dapat sobat gunakan untuk mengirimkan sebuah pesan yang sama ke banyak orang sekaligus yang terdapat dalam daftar kontak BBM sobat.
  • Test contact ( TC )
Biasanya digunakan seseorang atau teman dalam daftar kontak BBM sobat untuk mengecek atau mengetest koneksi data internet yang digunakannya apakah sedang gangguan atau tidak, untuk mengecek apakah aplikasi BBM terhubung dengan server atau tidak.

simbol ping BBM
  • Ping!!!
Sebuah fitur di dalam aplikasi BBM yang biasanya digunakan untuk mengingatkan teman atau lawan ngobrol jika ada pesan yang sudah kita kirim dan belum dibacanya.
  • Delcont ( Delete Contact )
Istilah untuk menghapus teman yang ada dalam daftar kontak pada akun BBM.

Simbol dan icon BBM

simbol ada pesan bbm baru yang masuk dan belum kita baca   Simbol yang muncul saat kita menerima pesan masuk.

pesan BBM terkirimPesan yang kita kirim ke lawan chatting sudah terkirim dan belum terbaca oleh lawan chatting atau penerima.
simbol pesan BBM sudah di baca
Pesan BBM yang kita kirim sudah diterima dan sudah dibaca oleh penerima.

Pesan chatting yang kita kirim belum bisa kita kirimkan ke perangkat akun lawan chatting dikarenakan koneksi data internet Hp kita sedang jelek, tidak bagus atau tidak terkoneksi dengan internet.

simbol silang BBMSimbol BBM silang yang muncul pada kolom percakapan menandakan pesan yang kita kirim kepada lawan chatting kita tidak bisa dikirimkan pada perangkat lawan dikarenakan mungkin sedang tidak aktif BBMnya atau ID BBM tersebut sudah tidak digunakan lagi, atau bisa juga karena paket internet yang digunakannya sudah habis dan tidak aktif.

Pesan yang akan kita kirim belum bisa di proses karena koneksi data internet yang kita gunakan sedang bermasalah atau tidak terkoneksi dengan server.

draft messages BBMDraft messages, adalah simbol yang muncul saat kita sudah mengetik kata-kata atau kalimat pesan tapi kita belum memencet tombol kirim/send.

simbol centang atau checklist di BBMSimbol tersebut biasa disebut Centang atau Checklist, adalah sebuah simbol yang hampir sama dengan simbol silang yang memberitahukan pesan sedang dalam proses pengiriman tapi belum diterima akun penerima, disebut juga dengan istilah Delay atau pending.

Simbol yang muncul dan memberitahukan kita telah mendapat kiriman pesan yang berupa file atau berkas, bisa berupa foto atau file lainnya.

simbol status Sibuk pada BBM
Simbol yang biasanya digunakan pada status sebuah ID BBM untuk memberitahukan bahwa si pemilik akun tersebut sedang sibuk atau sedang tidak ingin diganggu.

baca juga artikel : 
Penyebab BBM lemot
Cara mengatasi aplikasi BBM tidak bisa dibuka

Beberapa istilah pada percakapan, ikon dan simbol BBM diatas adalah merupakan sebagian dari simbol dan istilah yang biasanya akan sering sobat temui dan biasa digunakan dalam percakapan atau chatting menggunakan aplikasi BBM, semoga dengan sobat mengetahui arti dari istilah, simbol dan ikon BBM tersebut bermanfaat bagi sobat yang baru saja menggunakan aplikasi BBM, semoga bermanfaat.

0 Response to "Arti ikon dan simbol BBM pada aplikasi BBM di android"

Post a Comment